Hidup adalah Berpikir

Hidup dan berpikiradalah dua hal yang tidak pernah bisa dipisahkan seperti halnya jasad dan ruh. jika hidup tanpa berpikir maka bagaikan jasad tanpa ruh,alias mati. kekuatan pikiran adalah hal yang paling foundamental terhadap eksistensi peradaban manusia.Manusia akan merasa sangat hidup ketika dia berpikir dengan baik. ketika manusia tidak berpikir dengan baik maka dia tidak akan bisa merasakan nikmatnya hidup, bukan karena matinya jasad melainkan karena matinya pemikiran. matinya pemikiran akan mengakibatkan hidup tak tentu arah, seperti halnya hewan yang hanya mengikuti naluri saja. Hewan tidak pernah menentukan hidupnya, tidak pernah menentukan akan kemana nantinya dikarenakan hewan tidak pernah berpikir.
Manusia bukanlah makhluk seperti hewan melata, yang tidak tahu tujuan hidup, manusia memiliki tujuan hidup, itu disebabkan manusia itu melakukan kegiatan berpikir.  Manusia telah dianugrahkan akal oleh Allah SWT untuk berpikir. Dengan Akal, manusia bisa minggikan derajat manusia itu sendiri dengan hasil pemikiran-pemikirannya. Manusia juga bisa menjatuhkan derajatnya sebgai manusia dengan hasil pemikiran-pemikirannya. Manusia diberi dua kemampuan sekaligus oleh Allah SWT,kemampuan untuk berbuat baik dan kemampuan untuk berbuat jahat. Bagaimana Allah memberi dua kemampuan tersebut yaitu dengan kemampuan berpikir manusia.
 pemikiran memang berbentuk abstrak namun bisa menghasilkan bentuk yang kongkrit yang dapat dirasakan dan dinikmati oleh orang banyak. Banyak sekali hasil pemikiran manusia yang sudah dinikmati oleh manusia itu sendiri. misalnya, manusia berpikir ingin ada aliran air dirumahnya, maka dirancang bagaimana air bisa mengalir ke rumah-rumah. Ini adalah hasil pemikiran manusia dan akan di nikmati oleh manusia itu sendiri.
Peradaban manusia yang terus maju seperti saat ini merupakan buah dari pemikiran-pemikiran orang-orang terdahulu. Oleh sebab itu, berpikirlah yang membuat hidup itu indah, bahagia, dan sejahtera. Tanpa berpikir, hidup manusia itu selayaknya kehidupan hewan yang tidak pernah berubah dari pertama bumi di ciptakan hingga sekarang. Tidak ada manusia yang hidup tanpa keinginan agar hidupnya lebih maju, lebih baik dari yang sebelumnya. Maka cara merubah hidup adalah dengan berpikir, tidak ada orang yanga hidupnya lebih baik dan lebih maju tanpa melakukan kegiatan berpikir, semua orang yang hidupnya lebih baik adalah orang yang mau berpikir, maka hidupmanusia adalah kegiatan berpikir.
Manusia akan hancur dan celaka ketika tidak berpikir, sudah banyak sekali generasi yang hancur karena mereka tidak berpikir. Allah tidak akan menghancurkan suatu generasi melainkan mereka sendirilah yang membuat mereka hancur. Kehancuran suatu generasi bisa saja karena mereka tidak berpikir, namun bisa juga karena mereka yang berpikir. Berpikir merupakan cara untuk membangun hidup yang lebih baik, namun bisa saja membangun hidup yang lebih buruk.
Ada tiga macam pemikiran manusia, yatu membuat, mengembangkan dan menghancurkan. Dengan tiga macam pemikiran inilah manusia akan hidup lebih baik, dengan catatan, membuat apa yang memang seharusnya dibuat, mengembangkan apa yang memang seharusnya dikembangkan, dan menghancurkan apa yang memang dihancurkan. Jika manusia membuat apa yang seharusnya tidak dibuat, mengembangkan apa yang seharusnya tidak dikembangkan dan menghancurkan apa yang seharusnya tidak dhancurkan maka manusia akan celaka dan binasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANGGUNG JAWAB ILMUAN TERHADAP KEMAJUAN BANGSA INDONESIA

perbedaan akal, pikiran, dan insting